Home » , , » Setujukah anda ibukota RI pindah ke kota lain?

Setujukah anda ibukota RI pindah ke kota lain?


Saat ini media ramai memberitakan wacana akan memindahkan ibukota RI Jakarta (Gambar Kiri Atas) ke kota lain, kabarnya sih ke Palangkaraya.


Berbagai pakar sejarah, ahli perkotaan, tokoh politik, dan kaum intelektual diundang untuk dimintai pendapatnya, sebagian besar pro dan ada juga yang kontra dengan berbagai macam alasan. Yang pro masih berbeda pandang tentang pemilihan tempat, ada yang mengusulkan tetap di pulau Jawa ada juga yang diluar pulau Jawa dalam hal ini yang banyak dibicarakan adalah kota Palangkaraya (Gambar Tengah Kanan). Tokoh nasional bapak Yusuf Kalla Wapres RI-pun tidak setuju dengan alasan terlalu rumit karena harus memindahkan ribuan karyawan ke ibukota yang baru tersebut (www.kompasiana.com)

Sebagai masyarakat biasa, bila penulis diundang untuk ngomong, penulis ingin bertanya supaya ada analogi berpikir untuk wacana ini?
*)Siapa sih yang ditawari pindah rumah ke tempat yang baru yang suasananya nyaman, tidak berisik, tidak banjir, risiko bencana alam lebih kecil AKAN MENOLAK?


Penulis tentu saja ingin mengatakan bahwa wacana untuk memindahkan ibukota RI ke kota lain tentu sangat SETUJU sekali karena beban Jakarta saat ini sudah sangat berat sebagai kota besar terbanyak penduduknya, sebagai kota pusat bisnis, sebagai pusat pemerintahan tentunya SANGAT TIDAK NYAMAN. Pemerintah yang berkualitas sangat membutuhkan kekuatan pikiran dan tenaga sumber daya manusianya tentulah membutuhkan suasana yang nyaman untuk bekerja, Pertanyaannya, apakah bisa disediakana oleh Jakarta saat ini, dimana pergi dan pulang kerja saja sudah membuat orang stress dengan kemacetannya?

Penulis tidak akan mempermasalahkan ibukota RI apakah nantinya di Palangkaraya atau kota lain selain kota-kota di pulau Jawa. Mengapa bukan di pulau Jawa? Menurut penulis pulau Jawa juga sudah padat penduduknya, rawan dengan bencana alam seperti banyaknya gunung api aktif dan sering mengalami gempa juga. Jadi, kalau pulau Kalimantan dengan kota apapun nantinya yang terpilih penulis SANGAT SETUJU mengingat pulau Kalimantan relatif aman dari bencana alam seperti gemba bumi, letusan gunung api dan lain-lain; selain itu tanahnya masih luas serta penduduknya juga relatif sedikit. Bagaimanakah menurut anda???

Penulis juga berharap bila memang ibukota RI dipindahkan ke salah satu kota di Kalimantan yaitu Palangkayara, ada beberapa hal POSITIF yang terjadi diantaranya :
☝Penyebaran penduduk agak merata ke Indonesia Timur karena orang-orang tidak lagi terfokus untuk datang ke Jakarta atau kota-kota besar pulau Jawa lainnya
☝Kegiatan ekonomi-pun ikut bertumbuh dengan cepat nantinya di kota baru pusat pemerintahan RI 
☝Terbukanya lapangan kerja di berbagai sektor misalnya perumahan, pertokoan, pariwisata dan lain-lain yang tentunya meniru apa yang terjadi di ibukota Jakarta
☝Harapan semua warga negara tentunya di kota pemerintahan yang baru tanpa stress macet, polusi, bising, banjir dll akan membuat energi untuk bekerja di "tanah baru" atau "rumah baru" tentunya akan menghasilkan pemerintahan yang baik dan berkualitas.

Akhirnya, kita tunggu saja apa keputusan dari Bapak Presiden RI...................; dan bagaimana menurut pendapat anda tentang wacana ini, silahkan berkomentar........................ santai aja ya.



Thank you for reading the article entitled Setujukah anda ibukota RI pindah ke kota lain?

0 comments Setujukah anda ibukota RI pindah ke kota lain?