Home » , , » Rumus Matematika Fisika - Ms Word

Rumus Matematika Fisika - Ms Word

membuat rumus dengan equation sangat mudah
Rumus matematika dan fisika untuk praktik
Ketika seorang teman berkata, "saya paling malas ngetik soal matematika atau fisika ah...., abis rumusnya nggak tau buatnya". Mendengar ungkapan "pasrah"seperti itu, saya tertarik untuk membuat postingan "Rumus Matematika Fisika - Ms Word. Oke, kita lanjut ke topik, untuk praktek kita akan mencoba membuat 3 rumus matematika dan fisika, silahkan ikuti step-stepnya sebagai berikut :

klik untuk mulai menuliskan rumus
Toolbar Equation
Step 1 : Buka ms Word, lalu klik menu Insert, kemudian klik toolbar equation di pojok kanan, lihat gambar di bawah ini :
akan muncul kotak design yang isinya format-format untuk menuliskan rumus serta kotak untuk menulisakan rumus (equation) seperti tampak pada gambar disamping.

aneka pilihan format penulisan rumus
Kotak menuliskan rumus dan aneka format disain rumus

icon untuk membuat akar dan pangkat
Icon membuat akar dan pangkat
Step 2 : kita mulai praktek menuliskan rumus Phytagoras, silahkan klik di tempat menuliskan rumus hingga kursor muncul disana, lalu di menu Design klik icon untuk membuat akar yaitu melalui toolbar Radicals, icon Square Root (pilhan pertama) untuk membuat akar,pindahkan kursor ke awal lalu ketik a, klik di dalam kotak putih, lalu icon untuk membuat pangkat yaitu melalui toolbar Script, icon Superscript (pilihan pertama), lalu di kotak besar ketik c, pangkatnya di kotak kecil ketik 2, lalu tekan panah kanan, tekan -, ulangi lagi langkah seperti membuat c pangkat 2 untuk membuat b pangkat 2. Tampilannya akan seperti ini nantinya, sesuai contoh  di atas.    
tampilan rumus hasil praktik 1
Tampilan kotak membuat rumus










 Praktik membuat rumus abc dan Biot Savard

A) Membuat rumus abc

untuk penulisan bagian atas dan bawah
Icon  pembagi teks bagian atas dan bawah
Langkah sama dengan praktik membuat rumus pythagoras, setelah kursor di dalam kotak untuk menuliskan rumus, ketik x, tekan =, tekan -, toolbar Fraction , icon Stacked Fraction (pilihan pertama) seperti pada gambar, lalu di kotak atas ketik b, pindah ke kotak bawah ketik 2a, tekan panah kanan (kursor ditengah baris), klik icon plus minus (baris kiri atas kotak design), lalu tollbar Fraction, icon Stacked Fraction dikotak atas klik toolbar Radicals, icon Square Root (pilihan pertama), lalu klik lagi toolbar Script, icon Superscript (pilihan pertama), kemudian di kotak besar ketik b, di kotak kecil ketik 2; tekan panah kanan, tekan -, ketik 4ac, lalu pindahkan kursor ke kotak bawah, ketik 2a. Nah, kalau prosedurnya benar, rumus abc akan tampak pada gambar.

B)Membuat rumus Biot Savart

Setelah anda berlatih membuat rumus abc, untuk membuat rumus Biot Savart, saya hanya akan menyebutkan icon-icon yang dipakai yaitu : icon Stacked Fraction; Basic Math untuk membuat rimbol-simbol huruf Yunani, icon Subscript untuk menuliskan simbol huruf/angka yang mengecil dan turun 1/2 baris; icon Function sin. Setelah anda membuat rumus ini, tentunya rumus-rumus apapun anda bisa membuatnya sendiri karena formatnya telah disediakan.
icon untuk membuat subsript dan rumus sin
Icon untuk membuat simbol-simbol Yunani, Subscript dan Function sin
Semoga artikel "Rumus Matematika Fisika - Ms Word" bisa bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa, guru atau dosen atau siapapun yang ingin mengetik teks yang berisi rumus-rumus. Jadi, tidak ada lagi kalimat "Malas ah, ngetik-nya ribet."


☺☺ Thanks. MIE Indonesia = MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Thank you for reading the article entitled Rumus Matematika Fisika - Ms Word

0 comments Rumus Matematika Fisika - Ms Word