Video tutorial UN 2018 operasi hitung pada bilangan - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

Video tutorial UN 2018 operasi hitung pada bilangan


operasi hitung pada bilangan -UNBKwww.mie indonesia dot com  Video tutorial UN 2018 operasi hitung pada bilangan selanjutnya ... 

Setiap manusia yang ingin mahir atau paling tidak menekuni cabang ilmu matematika, maka harus mengalami 4 proses dalam "pertumbuhannya" yaitu wajib "mengkonsumsi" penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang tentunya berkaitan erat dengan bilangan. Jadi pembahasan kita kali ini ada 2 hal tentang bilangan yaitu bilangan bulat dan bilangan pecahan.

Teorinya seperti terangkum dalam topik " ringkasan materi matematika siap ujian nasional " seperti tertera di bawah ini.

1. Bilangan bulat
Bilangan bulat merupakan bilangan utuh yaitu bilangan-bilangan yang sudah kita kenal saat menyebutkan angka-angka misalnya 0, 1, 2, 3 dan seterusnya.

A. Penjumlahan 
Menjumlahkan bilangan bulat dapat dilakukan dengan menggunakan garis bilangan.
Misal :
proses penjumlahan yang ditunjukkan oleh garis bilangan
Proses penjumlahan pada garis bilangan

Penjelasan  pada garis bilangan tersebut yaitu dari angka 0 melangkah 3 satuan ke kiri sehingga berada di angka -3, kemudian pada posisi angka -3 melangkah lagi 7 satuan ke kanan sehingga berada di angka 4. Dua kali proses perpindahan bilangan tersebut dinyatakan secara berhitung dengan -3 + 7 = 4.

B. Pengurangan
Mengurangi a dengan b sama saja artinya dengan menambah a dengan lawan dari b, dapat dituliskan secara matematis yaitu
a - b = a + (-b)

C. Perkalian dan Pembagian
Hal yang perlu diperhatikan dalam perkalian dan pembagian bilangan bulat adalah tanda dari hasilnya yaitu positif atau negatif. Misalkan a dan b bilangan bulat positif, maka berlaku :
(-a) x b = -(a x b)
a x (-b) = -(a x b)
(-a) x (-b) = a x b
(-a) : b = -(a : b)
a : (-b) = -(a : b)
(-a) : (-b) = a : b

D. Operasi Hitung Campuran
Jika terdapat operasi hitung yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian, maka digunakan aturan berikut :
1) Kerjakan terlebih dahulu operasi yang ada di dalam kurung.
2) Operasi perkalian dan pembagian memiliki prioritas utama dibanding dengan operasi penjumlahan dan pengurangan.
3) Operasi perkalian setara dengan pembagian, pengerjaannya dilakukan dari kiri. Operasi penjumlahan setara dengan operasi pengurangan, pengerjaannya juga dilakukan dari kiri.

2. Bilangan Pecahan

A. Bentuk Pecahan
Mengapa disebut bilangan pecahan? Jawabannya tentu karena bilangan tersebut tidak utuh lagi jadi bukan bilangan bulat.
Bentuk umum pecahan dinyatakan dengan dengan a dan b adalah bilangan bulat, serta b  0, Bentuk  tersebut dikenal sebagai pecahan biasa. Bilangan a tersebut dikenal sebagai pembilang, sedangkan bilangan b dikenal sebagai bilangan penyebut. Selain pecahan biasa, dikenal pula pecahan desimal, pecahan campuran, dan persen. Contoh pecahan desimal misalnya 2,5; 5,78; dan 0,13. 
Contoh pecahan campuran misalnya 
Contoh bentuk persen misalnya 0,25%; 3,15%, dan 40,666%


B. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

penjumlahan dan pengurangan
Cara Penjumlahan dan Pengurangan
Penjumlahan dan pengurangan pecahan bisa dilakukan bila penyebut kedua pecahan tersebut telah sama atau disamakan. JIka penyebut pecahan telah sama, prosesnya hanya menjumlahkan bilangan-bilangan pembilangnya saja. Jika penyebut kedua pecahan tersebut tidak sama, maka haruslah disamakan terlebih dahulu bisa dengan cara KPK atau dengan cara perkalian silang, caranya lihat pada video tutorial.

C. Perkalian Pecahan
perkalian pecahan
Cara Perkalian Pecahan

Perkalian pada pecahan dilakukan dengan cara mengalikan pembilang dengan pembilang (bilangan bagian atas), serta mengalikan penyebut dengan penyebut (bilangan bagian bawah).


D. Pembagian Pecahan
Pembagian dalam pecahan dilakukan dengan mengubahnya menjadi bentuk perkalian dengan kebalikan pada pecahan tersebut
cara pembagian pecahan
Cara Pembagian Pecahan

Soal-soal latihan


Setelah mempelajari teori di atas, ke-empat soal yang tersaji akan dibahas penyelesaiannya seperti tampak pada video BERIKUT INI

Selain video tutorial siap ujian nasional tentang operasi hitung pada bilangan yang membahas penyelesaian soal secara manual menurut pengerjaan matematis, berikutnya anda bisa menyaksikan video penyelesaian soalnya di Ms Excel. 

Saksikan video tutorial penyelesaian soal operasi hitung pada bilangan memakai Ms. Excel, BERIKUT INI!

Semoga postingan Video tutorial UN 2018 operasi hitung pada bilangan akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.


☺☺ Thanks.  MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Video tutorial UN 2018 operasi hitung pada bilangan"

Post a Comment