Home » , , » Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik

Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik


kasus perbandingan lurus dan terbalik
Perbandingan 2 jenis mobil
kecepatan berbeda
mie indonesia dot com Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik selanjutnya.... atau lihat dulu @Daftar Isi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengalami "kasus matematika" menyangkut perbandingan. Contoh sederhana bila kita mengendarai mobil dari rumah dengan kecepatan rata 60 km/jam bisa tiba di kantor dalam waktu 10 menit, sebaliknya bila kecepatan berkurang menjadi 30 km/jam maka tibanya di kantor tentu lebih lambat yaitu sekitar 20 menit. Dalam tulisan ini akan dibahas 2 hal menyangkut perbandingan yaitu skala dan perbandingan lurus serta terbalik.
Teorinya seperti terangkum dalam topik " ringkasan materi matematika siap ujian nasional (UN) " seperti tertera di bawah ini.

1. Skala


Skala merupakan perbandingan antara ukuran gambar dengan ukuran yang nyata pada benda atau tempat sebenarnya. Skala digunakan antara lain pada peta, denah, dan rancangan benda. Penulisan skala misalnya 1 : 200; 1 : 4.500; 1 : 3000.000 dll. Peta dengan skala 1 : 3000.000 artinya 1 cm pada peta tersebut setara dengan 3000.000 cm atau 30 km pada jarak tempat yang sebenarnya.

2. Perbandingan
Terdapat 2 jenis perbandingan yaitu perbandingan senilai (lurus) dan perbandingan terbalik.

A. Perbandingan Senilai
Perbandingan senilai adalah perbandingan yang memiliki sifat jika satu besaran bertambah besar maka besaran lainnya mengikutinya dengan bertambah besar pula, begitupun sebaliknya. Agar lebih jelas perhatikan data hubungan jumlah liter bensin dengan jarak tempuh km.
Data perbandingan senilai hubungan antara bahan bakar dan jarak tempuh
Penjelasan : bila bensin (liter) semakin bertambah (naik), jarak tempuh (km) juga semakin bertambah (naik); sifat sama-sama bertambah inilah yang disebut dengan senilai.


B. Perbandingan Terbalik
Perbandingan terbalik adalah perbandingan yang memiliki sifat jika suatu besaran bertambah besar, maka besaran lainnya akan terjadi sebaliknya yaitu bertambah kecil, begitupun sebaliknya. Agar lebih jelas perhatikan data kaitan antara kecepatan km/jam dengan waktu tempuh menit dari sebuah mobil.
Penjelasan : bila kecepatan (km/jam) semakin bertambah (naik), maka waktu tempuh (menit) malah semakin berkurang (turun); sifat terjadi pada bahagian tertentu naik sedangkan bahagian lainnya turun inilah yang disebut dengan terbalik.


Soal-soal latihan


1) Kendaraan ayah dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam jarak rumah ke kantor bisa ditempuh dalam waktu 18 menit. Bila kecepatan rata-rata kendaraan ayah 50 km/jam maka berapa lama waktu tempuhnya?

2) Delapan penghuni asrama mampu mengkonsumsi 1 karung beras selama 24 hari. Bila ada tambahan 4 orang lagi, maka 1 karung beras tersebut habis dikonsumsi dalam berapa hari?

3)Perbandingan uang kakak dengan adik adalah 8 : 5. Bila selisih uang mereka Rp. 25.500, berapakah jumlah uang mereka berdua?


4)Jumlah siswa seluruh kelas IX adalah 104 orang dengan perbandingan siswa perempuan dan laki-laki adalah 7 : 6. Berapakah jumlah seluruh siswa perempuan?


Setelah mempelajari teori di atas, ke-empat soal yang tersaji akan dibahas penyelesaiannya seperti tampak pada video di bawah ini, atau klik  Youtube disini 
Selain video tutorial siap ujian nasional tentang perbandingan lurus dan terbalik yang membahas penyelesaian soal secara manual menurut pengerjaan matematis, berikutnya anda bisa menyaksikan video penyelesaian soalnya di Ms Excel. 

Saksikan video tutorial penyelesaian soal perbandingan memakai Ms. Excel, atau klik Youtube disini
Semoga postingan Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.

Terima kasih kepada siapa saja yang telah melihat, membaca, men-share atau men-follow artikel ini


☺☺ Thanks.  MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Thank you for reading the article entitled Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik

0 comments Video tutorial UN 2018 tentang perbandingan lurus dan terbalik