Rangkuman dan video pembahasan soal matematika SMP UN 2018 Kesebangunan dan Kongruensi - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

Rangkuman dan video pembahasan soal matematika SMP UN 2018 Kesebangunan dan Kongruensi


UNBK SMP 2018/2019 Kesebangunan dan Kongruensimie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www.mie-indonesia.comRangkuman dan video pembahasan matematika SMP UN 2018 # Kesebangunan dan Kongruensi selanjutnya ........ atau lihat dulu


Kesebangunan, kesebangunan dua segitiga, kesebangunan dua persegi panjang, kongruensi, contoh soal kesebangunan, dan soal-soal latihan merupakan kumpulan beberapa kata yang membantu anda fokus pada isi artikel ini.

Seorang arsitek atau ahli disain bangunan apapun dalam melengkapi karyanya biasanya membuat bentuk miniatur (maket) yang bentuknya mirip dengan benda aslinya cuma berukuran kecil karena dibuat sebagai model atau contoh. Tujuannya agar mudah dipresentasikan secara visual saat dipamerkan sehingga orang sudah memperoleh gambaran benda asli sebelum dilakukan pembuatan atau pembangunan benda tersebut.

Maket yang dibuat menggunakan skala perbandingan tertentu sehingga mirip sekali dengan benda aslinya. Orang biasa menyebut versi mini dari benda sebenarnya. Dalam matematika cara membandingkan dua benda dengan skala perbandingan tertentu merupakan prinsip kesebangunan.

Teorinya seperti terangkum dalam topik "ringkasan materi matematika siap Ujian Nasional (UN) 2018" seperti tertera di bawah ini.


1) Kesebangunan

Bangun-bangun datar sebangun adalah bangun-bangun datar yang mempunyai bentuk sama dan ukurannya merupakan pembesaran atau pengecilan terhadap bangun datar lainnya. Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut yaitu :

a. Sudut-sudut bersesuaian sama besar
b. Sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama

Contoh :

a.Kesebangunan Dua Segitiga
raisa



















Catatan : kesebangunan dua segitiga cukup ditunjukkan dengan ketiga sudutnya sama besar.

b. Kesebangunan Dua Persegi Panjang
agnes monica
Jadi, dapat dikatakan bahwa persegi panjang ABCD sebangun dengan  persegi panjang EFGH.

Contoh Soal

1)Perhatikan gambar berikut ini. 
isyana












Bila perbandingan CY : YB = 2 : 3, berapakah panjang XY ?

Jawab :
tukul arwana






























2) Tinggi Devi 150 cm dan panjang bayangannya 2 m. Pada saat yang sama, panjang bayangan pohon 12 m. Berapakah tinggi pohon tersebut ?

Jawab :
ayu ting ting


























2) Kongruensi
Bangun-bangun yang kongruen adalah bangun-bangun yang mempunyai bentuk dan ukuran sama. Dua segitiga kongruen jika memenuhi salah satu syarat berikut :
a. Tiga pasang sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang (sisi, sisi, sisi).
b. Dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar dan sepasang sisi yang bersesuaian sama panjang (sudut, sisi, sudut atau sisi, sudut, sudut).
c. Dua pasang sisi yang bersesuaian sama panjang dan sepasang sudut yang diapit oleh kedua sisi itu sama besar (sisi, sudut, sisi).

Soal-Soal Latihan

1) Perhatikan gambar berikut ini dengan cermat.
tukul arwana














2) Sebuah foto berukuran tinggi 30 cm dan lebar 20 cm ditempel pada sebuah karton. Sisa karton disebelah kiri, kanan, dan atas foto 2 cm. Jika foto dan karton sebangun, berapa cm-kah sisa karton di bawah foto?

3) Perhatikan gambar berikut ini dengan cermat.
chelsea olivia













Setelah mempelajari teori di atas, penyelesaian soal dalam bentuk video dari tiga soal di atas bisa disaksikan BERIKUT INI!

Semoga postingan rangkuman dan video pembahasan matematika SMP UN 2018 # Kesebangunan dan Kongruensi  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.

Terima kasih kepada seluruh pengunjung yang telah melihat, membaca, atau men-follow artikel ini.

☺☺  MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman dan video pembahasan soal matematika SMP UN 2018 Kesebangunan dan Kongruensi"

Post a Comment