Home » , , » Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus

Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus

bangunan yang dirancang memakai garis lurusmie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www.mie-indonesia.com Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus selanjutnya........ atau lihat dulu @Daftar Isi


Video tutorial persamaan garis lurus, gradien persamaan garis lurus, koordinat Cartesius, rumus persamaan garis, persamaan garis sejajar, persamaan garis tegak lurus, persamaan garis melalui 2 titik, soal-soal latihan merupakan beberapa kata membantu fokus pada isi materi.

Jika kita mengunjungi suatu kota atau mancanegara salah satu hal yang tidak luput selain tempat shopping, tempat kuliner atau wisata adalah mengagumi salah satu bangunan yang telah ikon di tempat tersebut. Kita tidak peduli siapa yang merancang atau membuat bangunan tersebut, yang penting bangunannya keren, unik, dan atau cantik.

Bangunan yang dirancang oleh seorang arsitek dan dibuat konstruksinya oleh insinyur sipil tentunya berasal dari suatu gambar dengan menggunakan skala perbandingan tertentu dan perhitungan-perhitungan yang tentunya harus akurat dan presisi. Kalau kita perhatikan dengan teliti lagi, imajinasi seorang perancang yang menjadi kenyataan dalam bentuk bangunan yang dimulai dari kertas gambar ternyata hanya menggunakan garis-garis lurus atau lengkung saja.

Pembahasan kali ini tentang persamaan garis lurus, teorinya seperti terangkum dalam topik "ringkasan materi matematika SMP siap Ujian Nasional (UN) 2018" seperti tertera di bawah ini.

1) Gradien Persamaan Garis Lurus

Bentuk umum persamaan garis lurus adalah :
  • ax + by + c = 0
  • ax + by = c
  • y = mx + c
dengan x dan y merupakan variabel, sedangkan a, b, m adalah koefisien, dan c adalah konstantanya.
Gradien suatu garis lurus ditentukan sebagai berikut :
gradien persamaan garis lurus
Nilai perubahan y dan x merujuk pada aturan dalam koordinat Cartesius. Perubahan y bernilai negatif jika arah panah turun, bernilai positif jika arah panah naik. Perubahan x bernilai negatif jika arah panah ke kiri, bernilai positif jika arah panah ke kanan. Sebagai contoh, gradien garis k pada gambar di atas yaitu :
Tanya : apakah sebenarnya gradien itu ?
Gradien adalah nilai kemiringan atau kecondongan suatu garis. Gradien bernilai negatif bila miring ke KIRI (seperti contoh gambar di atas), sebaliknya gradien bernilai positif bila miring ke KANAN. Cara ingatnya : MiKiriN artinya "Miring Kiri Negatif".

2) Menentukan Persamaan Garis
a. Kedudukan Dua Garis
Kedudukan dua garis berikut.
Bila gradien garis pertama m1 nilainya berkebalikan dan berlawanan tanda dengan gradien garis kedua m2, maka kedua garis tersebut akan saling berpotongan tegak lurus.
b. Persamaan Garis
Cara menentukan persamaan garis yang diketahui unsur-unsurnya sebagai berikut.


3) Grafik Persamaan Garis Lurus
Gambar grafik persamaan garis lurus diperoleh dengan cara berikut.
a. Gambarlah koordinat Cartesius.
b.Tentukan titik potong sumbu X dengan y = 0 jadi titiknya menjadi (x1, 0), kemudian titik potong sumbu Y, dengan x = 0 sehingga titiknya menjadi (0, y1).
c. Hubungkan kedua titik potong (x1, 0) dengan (0, y1) dengan menarik garis lurus melalui kedua titik tersebut.


Contoh Soal

1) Tentukan gradien persamaan garis 5x - 2y = 6
Jawab :
2) Tentukan kedudukan garis y = –2x + 5 dengan garis berikut 2x - 4y = 5
Jawab :
*)Berdasarkan teori 1) d. bentuk persamaan y = mx + c akan bergradien m, sehingga :
y = -2x + 5 akan memiiki m1 = -2; kemudian bila 2x - 4y = 5 kita ubah menjadi 
2x - 5 = 4y atau 4y = 2x -5, dengan demikian m2 = 2/4 atau m2 = 1/2. Karena nilai gradien m1 berkebalikan dan berlawanan tanda dengan gradien m2, maka kedudukan kedua garis tersebut akan berpotongan saling tegak lurus. Ingat, -2 itu kebalikan dan berlawanan tanda dengan +1/2.


Soal-soal latihan

1) Tentukan persamaan garis yang melalui titik (1, 2) dan tegak lurus garis y = -2x + 5.

2) Gambarkan grafik dari persamaan garis y = 2x - 5


3) Tentukan persamaan garis yang melalui titik (2, -1) dan (4, 2)


Setelah mempelajari teori di atas, ke-tiga soal yang tersaji akan dibahas penyelesaiannya seperti tampak pada video di bawah ini, atau klik YOUTUBE disini 
Semoga postingan "Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus"  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.
Jadilah mitra atau partner kami untuk mendapatkan aneka informasi atau artikel terbaru, serta mendapatkan file-file otomatis untuk siap di download, dengan mendaftar melalui SAYA INGIN MENJADI PARTNER, selanjutnya selesaikan 2 tahapan konfimasi email anda, yaitu mengisi email anda dan mengetik kombinasi angka atau huruf pencegah spam di kotak 
☺☺ Thanks.  MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺
Thank you for reading the article entitled Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus

0 comments Ringkasan matematika UN 2018 #Persamaan Garis Lurus