Teorema Pythagoras matematika UN 2018 - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

Teorema Pythagoras matematika UN 2018

Teorema Pythagoras matematika SMPwww.mie-indonesia.com #Teorema Pythagoras matematika UN 2018 selanjutnya........ "penyelesaian soal dalam video, teorema Pythagoras, soal-soal latihan, dalil tripel Pythagoras, rumus pythagoras" merupakan beberapa kata membantu fokus pada isi materi.


Tak bisa dipungkiri lagi bahwa bangunan yang ada saat baik itu bangunan besar dengan karya arsitek yang "amazing" maupun bangunan perumahan biasa tidak lepas dari peran sangat besar seorang tukang bangunan. Anda kalau ingin mencari contoh rumah yang bagus tentu tidak lupa bertanya soal harga tentu akan bertanya "Siapa sih tukangnya?" 

Dalam melakukan tugasnya, salah satu perkakas yang diandalkan seorang tukang adalah mistar siku. Mengapa? Alasannya karena dalam konstruksi sering dijumpai tiang penyangga vertikal dan alas horizontalnya dimana cara paling mudah untuk menerapkan konsep kekuatan konstruksi jika tiang vertikal dan alas horizontal (lantai) selalu dalam keadaan tegak lurus / siku-siku atau bersudut 90 derajat. Penerapan konsep ini dalam ilmu matematika dikenal sebagai Teorema/Dalil Pythagoras.

Teorinya seperti terangkum dalam topik "ringkasan materi matematika SMP siap Ujian Nasional (UN) 2018" seperti tertera di bawah ini.


Teorema Pythagoras tersebut selanjutnya dapat dirumuskan seperti berikut :
Untuk setiap segitiga siku-siku, berlaku kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi siku-sikunya.
Untuk lebih jelasnya tentang Teorema Pythagoras, perhatikan gambar segitiga siku-siku berikut ini.
Jika ABC adalah segitiga siku-siku dengan a panjang sisi miring, sedangkan b dan c panjang sisi siku-sikunya maka berlaku :
dalil pythagoras pada segitiga siku-siku
Teorema Pythagoras selain berfungsi untuk menentukan jenis segitiga siku-siku dengan sudut 90 derajat, juga bisa digunakan untuk menentukan jenis segitiga sudut lancip atau segitiga sudut tumpul, penjelasan konsepnya sebagai berikut :

Contoh Soal
luna maya
Jawab :
2) Tentukan jenis segitiga panjang sisi-sisi berikut.

a. 3 cm, 5 cm, 4 cm

b. 4 cm, 5 cm, 6 cm

c. 1 cm, 2 cm, 3 cm
Jawab :
Untuk menyelesaikan soal ini kita akan membandinkan nilai a (sisi miring/terpanjang) yang sudah diketahui dengan hasil a dari perhitungan rumus Pythagoras berdasarkan nilai b dan c (panjang siku-siku lainnya) sebagaimana terlampir pada tabel di bawah ini.
ayu ting ting
Simpulan dari tabel di atas :
- Pada soal a. diperoleh nilai a (SD) = nilai a (HP) sehingga merupakan segitiga siku-siku
- Pada soal b. diperoleh nilai a (SD) < nilai a (HP) sehingga merupakan segitiga lancip
- Pada soal c. diperoleh nilai a (SD) > nilai a (HP) sehingga merupakan segitiga tumpul.

Soal-Soal Latihan

1) Diketahui belah ketupat ABCD memiliki panjang diagonal AC 48 cm dan kelilingnya 104 cm. Berapakah luas belah ketupat ABCD tersebut ?

2) Perhatikan gambar di bawah ini.
PQRS adalah jajaran genjang dengan panjang QR = 17 cm, PQ = 10 cm, dan TR = 25 cm. Berapakah panjang PT?
3) Perhatikan gambar di berikut ini.










Setelah mempelajari teori di atas, ke-tiga soal yang tersaji akan penyelesaian soal dalam video BERIKUT INI!.

Semoga postingan "#Teorema Pythagoras matematika UN 2018"  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.

Terima kasih kepada seluruh pembaca yang telah membaca, melihat, atau men-follow artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teorema Pythagoras matematika UN 2018"

Post a Comment