Terbaru, registrasi kartu prabayar terakhir 28 Februari 2018 - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

Terbaru, registrasi kartu prabayar terakhir 28 Februari 2018


Registrasi kartu prabayar
www.mie-indonesia.com Registrasi kartu prabayar terakhir 28 Februari 2018, selanjutnya..., 


Ketika menonton berita petang di salah satu televisi swasta ketika muncullah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa semua kartu prabayar harus di registrasi sebelum tanggal 31 Oktober 2017, sayapun sempat tersentak dan fokus dengan berita tersebut. Ada 2 hal yang langsung timbul dalam pikiran saya yaitu 1)repot lagi, 2)mungkin ini kabar baik yang saya tunggu dari dulu.

Setelah mencari informasi dari berbagai sumber (tentunay kompas.com) dapatlah saya ketahui bahwa Menkominfo mengharuskan agar baik pelanggan lama maupun calon pelanggan baru harus melakukan registrasi maka kewajiban ini tidaklah merepotkan demi tujuan pemerintah yang baik. Namun, sesuai point 2) di atas yang menjadi kabar baik bagi saya dan mungkin juga semua pengguna jasa telekomunikasi yang menginginkan komunikasi yang sopan tentunya membawa dampak positif yaitu para pemilik hp tentunya akan lebih mudah lagi ditertibkan dan bisa dikontrol oleh pemerintah. Dengan demikian aksi-aksi teror dengan membeli SIMCARD baru untuk melakukan teror atau telepon-telepon dan pesan-pesan gelap dari orang yang tidak dikenal bisa diminimalir, baik oleh pihak Kominfo, operator cellular, bahkan pihak keamanan yang berwenang.

Prosedur  Registrasi Kartu SIM Prabayar

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), data yang wajib dimiliki oleh para penggunan sim prabayar adalah  nomor NIK pada KTP dan nomor KK, prosedur selanjutnya tergantung pada operator SIM CARD masing-masing.
registrasi ulang pelanggan lama paling lambat 28 februari 2018

Para pengguna kartu prabayar baru untuk operator Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren dapat melakukan registrasi dengan mengirim SMS ke 4444, namun ada sedikit perbedaan dalam format SMS-nya.

Format pendaftaran untuk pengguna kartu prabayar baru Tri, Smartfren, dan Indosat dilakukan dengan mengirim SMS dengan format: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Pengguna kartu prabayar baru XL mesti mengirim SMS dengan format: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Sedangkan pengguna kartu prabayar baru Telkomsel mengirim SMS dengan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).
Instruksi Menkominfo, Pengguna kartu prabayar baru diwajibkan untuk mendaftarkan NIK dan nomor KK mulai 31 Oktober 2017 mendatang. 
Khusus pelanggan kartu prabayar lama, baik Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren bisa mendaftar ulang melalui SMS ke 4444 dengan format: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).
Instruksi Menkominfo, Pelanggan kartu prabayar lama diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan waktu paling lambat pada  28 Februari 2018 mendatang. 
Selain metode SMS, calon pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui gerai, situs, atau aplikasi milik masing-masing operator.

Registrasi baru dan ulang ini wajib dilakukan oleh pengguna. Jika tidak, ada sanksi menanti. Salah satunya, nomor tidak bisa digunakan lagi.

Sanksi bagi pelanggan dan operator

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mewajibkan pelanggan telekomunikasi untuk mendaftarkan atau registrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP dan nomor kartu keluarga (KK) dalam nomor prabayar yang digunakan.

Jika ada pelanggaran pada kewajiban ini, ada sanksi yang akan diberlakukan bagi pelanggan, maupun operator terkait sebagaimana tertera berikut ini :

Menurut  Pasal 22 (Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 tahun 2017). Isinya berupa sanksi administrasi sampai pencabutan izin bagi operator," kata Menkominfo Rudiantara di hadapan awak media, Rabu (11/10/2017).

"Kalau tidak registrasi, calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan nomor pelanggan lama akan diblokir secara bertahap," imbuhnya.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengumumkan bahwa pelanggan seluler, baik baru maupun lama, mesti registrasi NIK dan nomor KK miliknya. NIK dan nomor KK tersebut selanjutnya akan diverifikasi kebenarannya berdasarkan database kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri.

"Operator kami beri password untuk bisa mengakses dan mencocokkan data dengan kecepatan hingga 1 juta NIK per hari. Kalau sekarang dari enam operator rata-rata sudah mengakses 170.000 NIK per hari," ucap Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah.

"Kami jamin operator hanya bisa melihat data saja, tidak mengubahnya. Karena akses yang diberikan kan berbeda. Data yang bisa dilihat nanti verifikasi NIK, nomor KK, nama, tempat tanggal lahir, serta alamat. Jadinya masing-masing nomor seluler, akan langsung terhubung ke NIK. Bisa diketahui data pemiliknya," imbuhnya.

Sekali lagi, kewajiban mendaftarkan NIK dan nomor KK akan mulai dicanangkan mulai 31 Oktober 2017 untuk para pengguna baru. Selain itu, pelanggan lama juga diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan waktu paling lambat pada 28 Februari 2018 mendatang.

Source : http://tekno.kompas.com/read/2017/10/12/20180027/begini-cara-registrasi-kartu-sim-prabayar

Semoga postingan "Registrasi kartu prabayar terakhir 28 Februari 2018" akan bermanfaat bagi seluruh pengguna telekomunikasi di Indonesia khususnya bagi pengguna kartu prabayar baru dan pelanggan kartu prabayar lama agar patuh pada instruksi langsung dari Menkominfo demi semakin tertibnya penggunaan perangkat komunikasi yang kita miliki.

Jadilah mitra atau partner kami untuk mendapatkan aneka informasi atau artikel terbaru, serta mendapatkan file-file otomatis untuk siap di download, dengan mendaftar melalui SAYA INGIN MENJADI PARTNER, selanjutnya selesaikan 2 tahapan konfimasi email anda, yaitu mengisi email anda dan mengetik kombinasi angka atau huruf pencegah spam di kotak EMAIL SUBSCRIPTION REQUEST.

Terima kasih bagi pembaca yang sudah melihat, membaca, dan men-follow serta men-share artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terbaru, registrasi kartu prabayar terakhir 28 Februari 2018"

Post a Comment