Home » , , » Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya.

Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya.

Gambar 1. Aplikasi edit data
terproteksi di Dapodik
www.mie-indonesia.com  Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya selanjutnya........ 
Suatu saat ketika saya aktif di facebook saya mendengar banyak keluhan rekan-rekan operator bila menjelang akhir semester baik ganjil maupun genap sering dikejar-kejar untuk segera memperbaharui data-data siswa sekolahnya sebelum tenggang waktu sinkronisasi terakhir ditutup. Keluhan-keluhan tersebut muncul karena operator sudah mau menuntaskan kewajibannya tetapi ternyata dan oh ternyata lagi katanya ada beberapa data yang masih diprotek dari server pusat Dapodik sehingga inilah yang membuat keresahan pada operator. Orangpun akan bertanya normal,"Bagaimana ini, apakah ada solusinya?" Jawabannya ada yaitu menggunakan Dapodik Helper.
Dapodik helper diciptakan dengan tujuan untuk melengkapi aplikasi DAPODIK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terutama untuk fungsi-fungsi yang belum disediakan oleh aplikasi yang resmi tersebut.
Sebelum lanjut ke tahapan berikutnya, alangkah bijaknya kita mengucapkan terima kasih kepada para programmer yang dengan setia selalu memperbaharui aplikasi ini yang sangat membantu kinerja para operator Dapodik, dimana hingga saat ini telah masuk ke rilis terbarunya yaitu Dapodik Helper Build-07122017 (silahkan diunduh).

Adapun prosedur untuk instalasi di dektop PC atau notebook sebagai berikut ;
1)Buat terlebih dahulu folder dengan nama Dapodik Helper
2)Silahkan unduh dengan mengklik link di atas (warna biru) atau klik juga disini, file yang telah diunduh seperti tampak pada gambar 2 di bawah ini (lingkar merah).
Gambar 2. File build-07122017
3)Klik ganda pada file build-07122017 jika muncul kotak dialog konfirmasi klik saja Yes sehingga muncul kotak dialog gambar 3;
Gambar 3. Kotak Dialog License Agreement
klik I accept the agreement agar tombol Next aktif, lalu klik lagi tombol Next sehingga muncul kotak dialog gambar 4;
Gambar 4. Kotak Dialog Lokasi Folder Dapodik Helper
4)Langkah selanjutnya anda melihat tempat instalasi Dapodik Helper seperti tampak pada gambar 4 di folder defaultnya. Jika anda ingin mengganti lokasi dan tempat foldernya, silahkan klik Browse..., namun sebaiknya pilih default saja kemudian klik tombol Next, sehingga muncul kotak dialog berikutnya pada gambar 5 ;
Gambar 5. Kotak dialog untuk menentukan boleh atau tidak Dapodik Helper diinstall
di menu Start Windows
5)Langkah selanjutnya klik saja Next bila anda menginginkan Dapodik Helper diinstal juga di tombol menu Start Window anda sehingga tampil lagi kotak dialog gambar 6.

Gambar 6. Kotak dialog untuk memilih akses Dapodik Helper dari dekstop
6)Langkah selanjut sebaiknya ada men-klik pada Create a desktop shortcut agar memudahkan bagi anda untuk mengakses Dapodik Helper dari dekstop komputer anda, berikutnya klik lagi tombol Next untuk menuju ke kotak dialog Instalasi pada gambar 7.
Gambar 7. Kotak dialog untuk memulai proses Instalasi hingga Finish.
7)Untuk melaksanakan proses instalasi Dapodik Helper, segera klik tombol Install lihat gambar 7, tunggulah hingga proses instalasi berakhir dengan memunculkan kotak dialog Finish. Bila muncul kotak Finish berarti anda telah sukses menginstall aplikasi ini, silahkan saja mengakhiri instalasi dengan men-klik tombol Finish.

Menguji Aplikasi Dapodik Helper
Sebelum menguji aplikasi ini, perlu diketahui bahwa apabila anda telah meng-install aplikasi ini maka secara otomatis Dapodik Helper akan terkoneksi dengan aplikasi Dapodik berbasis web yang telah diinstall sebelumnya. Jadi, bila anda mengedit data di Dapodik Helper, maka secara otomatis pula data tersebut akan teredit di aplikasi Dapodik anda. Bagusnya lagi, beberapa data yang masih diproteksi sehingga tidak bisa diedit oleh Dapodik web anda, tidak akan menjadi kendala bagi Dapodik Helper karena aplikasi ini bebas dari proteksi.
Adapun langkah-langkah pengujian aplikasi Dapodik Helper ini adalah sebagai berikut :
1)Buka aplikasi Dapodik Helper dari dekstop atau dari menu Start, All Programs, Dapodik Helper (folder) lalu klik aplikasi Dapodik Helper sehingga muncul kotak menu Dapodik Helper pada gambar 8.
Gambar 8. menu utama Dapodik Helper beserta toolbarnya
2) Langkah pertama untuk mengakses Dapodik Helper adalah melakukan Autentikasi (lihat panah merah) dengan login memasukkan nama email dan password yang sama digunakan pada aplikasi Dapodik seperti tampak pada gambar 9.
Gambar 9. Kotak dialog Autentikasi untuk login dengan email dan password sesuai Dapodik
Setelah mengisi email dan password yang sama dengan yang ada di Dapodik lalu men-klik tombol Login maka anda bisa mengakses menu Dapodik Helper dan lain-lain setelah ada informasi Autentikasi Berhasil.
3)Setelah berhasil login langkah selanjutnya adalah mengedit data Dapodik dengan menklik toolbar Data Pokok seperti tampak pada gambar 8 (panah warna kuning). Untuk bahan praktik, saya mengambil contoh salah satu siswa urutan 1 dari data Dapodik yaitu ABEL CHRISTIAN MARSELINO, dimana Nama Siswa dan NISN masih dalam keadaan terproteksi, lihat gambar 10.
Gambar 10. Data Nama dan NISN di Dapodik dalam status terproteksi
Setelah menklik toolbar Data Pokok di Dapodik Helper, akan ditampilkan semua isi dari data Dapodik, misalnya Peserta Didik dll seperti tampak pada gambar 11.
Gambar 11. Tampilan data seluruh peserta didik yang berasal dari Dapodik yang bisa diedit
4)Cara mengedit data no. 1 atas nama ABEL CHRISTIAN MARSELINO melalui klik kanan, sub menu Edit kemudian pilih Biodata maka akan ditampilkan semua data peserta didik Dapodik seperti tampak pada gambar 12 tanpa ada lagi proteksinya sehingga bisa dengan mudah diedit. Jangan lupa, setelah mengedit anda harus selalu menklik Simpan agar data tetap tersimpan dan secara otomatis akan terkoneksi dengan data Dapodik anda.
Gambar 12. Tampilan seluruh data peserta didik di Dapodik Helper siap diedit tanpa ada batasan proteksi
Sekian pembahasan kali ini, sekiranya ada pertanyaan seputar penggunaan Dapodik Helper silahkan memberikan komentar di kolom comment.

Semoga postingan "Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya".  akan bermanfaat bagi para operator dapodik baik yang belum mengetahui penggunaan aplikasi ini maupun bagi calon operator dapodik 2018.
Jadilah mitra atau partner kami untuk mendapatkan aneka informasi atau artikel terbaru, serta mendapatkan file-file otomatis untuk siap di download, dengan mendaftar melalui SAYA INGIN MENJADI PARTNER, selanjutnya selesaikan 2 tahapan konfimasi email anda, yaitu mengisi email anda dan mengetik kombinasi angka atau huruf pencegah spam di kotak EMAIL SUBSCRIPTION REQUEST.


Terima kasih bagi pembaca yang sudah melihat, membaca, dan men-follow serta men-share artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺


Thank you for reading the article entitled Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya.

0 comments Solusi edit data Dapodik 2018 bebas proteksi selamanya.