Kunci sukses UN SMP 2018 Volume Bangun Ruang - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

Kunci sukses UN SMP 2018 Volume Bangun Ruang

Kunci sukses UNBK SMP 2018/2019www.mie-indonesia.com  Kunci sukses UN SMP 2018 # Volume Bangun Ruang selanjutnya........ 

Ringkasan materi matematika, video pembahasan soal, rumus volume bangun ruang, rumus volume prisma, rumus volume kubus, rumus volume balok, rumus volume tabung, rumus volume limas, rumus volume kerucut, dan rumus volume bola" merupakan teks yang membantu anda mencari informasi yang anda butuhkan. 

Semakin hari bumi kita terasa "sesak" bukan hanya karena jumlah manusianya yang bertambah banyak, tetapi juga kendaraannya. Bertambahnya kendaraan di bumi ini diikuti dengan semakin tingginya konsumsi manusia terhadap bahan bakar minyak untuk kendaraan tersebut. Untuk mengukur berapa banyak minyak yang bisa dikonsumsi kendaraan digunakan satuan volume liter kalau di Indonesia, atau galon kalau di luar negeri.

Agar akurat dalam perhitungan terhadap satuan volume, setiap wadah yang berbentuk bangun ruang sudah memiliki rumus tersendiri berdasarkan bentuk bangun ruang tersebut.

Teorinya seperti terangkum dalam topik " ringkasan materi matematika SMP siap ujian nasional (UN) 2018 " seperti tertera di bawah ini.

1) Volume Prisma


Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang sejajar (bidang alas dan bidang atas) dan oleh bidang-bidang lain (bidang tegak) yang saling berpotongan menurut rusuk-rusuk sejajar. Secara umum, volume prisma dirumuskan sebagai berikut :

rumus volume prisma alas segitiga siku-siku
Kubus, balok, dan tabung termasuk prisma khusus.

a. Kubus
real madrid


b. Balok

barcelona
c. Tabung
rumus volume silinder

2) Volume Limas, Kerucut, dan Bola

a. Limas
arsenal

b. Kerucut

indoemie

c. Bola
Contoh Soal
armada band
Jawab :


ac miland



2) Berapakah volume bola terbesar yang dapat dimasukkan ke dalam kubus dengan panjang rusuk 30 cm ?

Jawab :


3) Bu Ani mempunyai 1 kaleng penuh berisi beras. Kaleng tersebut berbentuk tabung dengan diameter 28 cm dan tinggi 60 cm. Setiap hari bu Ani menanak nasi dengan mengambil 2 cangkir beras. Jika cangkir berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 8 cm, persediaan beras akan habis dalam waktu berapa hari ?

Jawab :


Soal-Soal Latihan

1) Sebuah limas mempunyai alas persegi yang panjang sisinya 12 cm. Jika sisi tegak limas tingginya 10 cm, berapakah volume limas tersebut ?

2) Perhatikan penampang bak berbentuk setengah tabung di bawah ini.
3) Sebuah tabung berdiameter 28 cm berisi air setinggi 30 cm. Ke dalam tabung tersebut dimasukkan 6 bola besi, dalam hal ini setiap bola berjari-jari 7 cm. Berapakah tinggi air sekarang saat bola-bola tersebut dimasukkan ?


Setelah mempelajari teori di atas, video pembahasan tiga soal di atas dapat disaksikan BERIKUT INI!

Semoga postingan kunci sukses UN SMP 2018 # Volume Bangun Ruang  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.

Terima kasih atas kunjungan anda yang sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini. Sukses dalam karya dan karir anda.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunci sukses UN SMP 2018 Volume Bangun Ruang"

Post a Comment