Home » , , » UN SMP 2018 Soal Peluang

UN SMP 2018 Soal Peluang

Teori dan Video Penyelesaian Soal Peluangmie-indonesia.com UN SMP 2018 Soal Peluang selanjutnya........ atau lihat dulu @Daftar Isi


Entah siapa yang pertama kali memainkan permainan ular tangga atau yang lebih dahulu memperkenalkan ke khalayak ramai sehingga sangat populer dimainkan saat masa kanak-kanak. Permainan ini memiliki "bintang utama" yaitu dadu yang terdiri bintik-bintik yang menyatakan jumlahnya sesuai angka yaitu dari 1 hingga 6.


Setiap pemain yang mendapat kesempatan jalan akan menguncang-guncang dadu sembari mengharap dalam hati agar muncul angka 6 agar jalan lagi atau muncul angka tertentu agar bisa naik tangga, atau menolak angka tertentu yang bisa berhenti di tangga turun. Harapan pemain seperti kasus di atas pada matematika berkaitan erat dengan materi peluang.

Teorinya seperti terangkum dalam topik " rangkuman materi matematika SMP siap Ujian Nasional (UN) 2018" seperti tertera di bawah ini.



1) Ruang sampel (S) adalah himpunan semua kejadian yang mungkin diperoleh pada suatu percobaan. Setiap anggota dari ruang sampel disebut titik sampel.

2) Peluang kejadian K sebagai himpunan bagian dari S yang memiliki anggota sebanyak n(K) didefinisikan sebagai berikut :
marvick vinales
3) Kisaran nilai peluang adalah  


4) Frekuensi relatif (FR) adalah perbandingan banyaknya kejadian n(K) yang diamati dengan banyaknya percobaan n(P). Frekuensi relatif dinyatakan dengan rumus sebagai berikut :
Contoh Soal

1) Pada sebuah kotak terdapat 10 kancing berwarna merah, 8 kancing berwarna putih, dan 12 kancing berwarna kuning. Jika Nina mengambil satu buah kancing secara acak, berapakah peluang terambilnya kancing berwarna merah ?

Jawab :

Jumlah kancing dalam kotak = 10 + 8 + 12 = 30.
Banyak kancing berwarna merah = 10
Peluang terambil kancing berwarna merah.

2) Sebuah dadu dilambungkan sekali. Tentukanlah peluang munculnya mata dadu faktor dari 6!

Jawab :

Sebuah dadu dilambungkan sekali. Kejadian mata dadu yang mungkin adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}, sehingga n(S) = 6.
A adalah kejadian muncul mata dadu faktor dari 6 yaitu {1, 2, 3, 6}
Jumlah anggota dari A yaitu n(A) = 4
Peluang muncul mata dadu faktor dari 6
3) Adik melempar dadu sebanyak 200 kali. Hasilnya adalah muncul mata dadu 1 sebanyak 25 kali. Tentukan frekuensi relatif muncul mata dadu 1 tersebut !

Jawab :

Soal-Soal latihan

1) Sebuah dadu dan satu keping uang logam dilambungkan bersama-sama satu kali. Tentukan peluang muncul angka dari mata uang atau mata dadu faktor dari 4 !

2) Sebuah kotak berisi 10 kartu merah dan 20 kartu putih. Kartu merah bernomor 20 sampai 29, sedangkan kartu putih bernomor 41 sampai 60. Sebuah kartu diambil secara acak. Tentukan peluang terambil kartu bernomor kelipatan 4 ! 

3) Dua dadu dilambungkan bersama satu kali. Tentukan peluang muncul mata dadu pertama faktor dari 3 dan mata dadu kedua faktor dari 6 !

Setelah mempelajari teori di atas, video penyelesaian soal peluang dapat disaksikan berikut ini, atau klik YOUTUBE disini
Semoga postingan UN SMP 2018 Soal Peluang  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video tentang matematika.

Terima kasih atas kunjungan anda yang sangat berarti dan bermanfaat bagi kemajuan blog ini. Sukses dalam karya dan karir anda.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺
Thank you for reading the article entitled UN SMP 2018 Soal Peluang

0 comments UN SMP 2018 Soal Peluang