Home » , , » Faktor penentu - soal matematika unggulan UN SD Mei 2018

Faktor penentu - soal matematika unggulan UN SD Mei 2018

Persiapan Ujian Nasional SD Mei 2018

www.mie-indonesia.com (mie indonesia dot com bukan mie instan biasa), Faktor penentu -  soal matematika unggulan UN SD Mei 2018 selanjutnya........" Tips Sukses UN SD, Kunci sukses UN SD, Kiat Jadi Juara UN SD, Tembus Nilai 100 UN, Bintang Kelas VI, Taklukkan UN SD dan lain-lain merupakan rangkaian kata-kata manis yang kadang kita jumpai pada sebuah cover buku yang membahas soal-soal persiapan UN untuk siswa-siswi kelas VI SD. 

Seorang ibu pernah curhat ke saya bahwa ia bingung dengan pendidikan zaman sekarang karena kurikulum yang cepat berganti, bukunya tiap tahun juga gonta-ganti, buku cetak bisa lebih dari satu buku, dan yang paling membuat dia pusing manakala anaknya akan menempuh Ujian Nasional yang sebentar lagi berlangsung di bulan Mei 2018 karena ibu tersebut bingung membeli buku mana yang soalnya paling jitu kalau bisa mirip-mirip dengan soal Ujian Nasional yang akan diujikan. Mendengar curhatan ibu, saya mencoba memberikan solusi bahwa tidak ada cara yang jitu kecuali menguji diri sendiri dengan cara memperbanyak latihan soal dari buku-buku atau soal-soal yang pernah diujikan tahun-tahun sebelumnya.

Saya pun mencoba menenangkan pikiran ibu yang bingung tersebut dengan mengatakan bahwa ada 4 faktor utama yang bisa mempengaruhi kesuksesan anaknya yaitu :

A. Diri anak sendiri
Karena si anaklah yang menjadi aktor utama dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa faktor utama kesuksesan hasil Ujian Nasional berpangkal pada anak itu sendiri. Si anak tidak harus dibekali dengan pengetahuan akademik yang mumpuni tetapi juga harus ditunjang oleh kesiapan mental bebas dari beban psikologis sehingga si anak merasa nyaman saat menghadapi kertas ujian di mejanya dia memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak gugup, dan yakin bisa mengerjakan soal terlepas dari hasil pekerjaannya benar atau salah.

B. Orang Tua
Orang tua disini bisa diartikan orang tua kandung siswa serta guru di sekolah. Orang tua sangat berperan membentuk mental dan karakter anak. Orang tua kandung siswa sangat berperan karena sebagian besar waktu anak belajar dihabiskan bersama orang tuanya sendiri di rumah sehingga orang tua tidak boleh lalai mengontrol keadaan belajar anaknya, selalu memberikan nasehat dan semangat, serta menfasilitasi segala kebutuhan belajar anak. Guru sebagai orang tua kedua siswa peranannya hampir sama dengan orang tua kandung siswa di atas, cuma guru diberikan tambahan tugas khusus yaitu mempersiapkan pendidikan akademik siswa dengan ilmu dan pengetahuan berbasis kurikulum seperti yang distandarkan oleh pemerintah.


C. Lingkungan Belajar
Lingkungan belajar siswa disini bisa diterjemahkan lingkungan sekolah tempat siswa menunaikan kewajibannya sebagai pelajar, lingkungan rumah tempat siswa belajar di rumah dan lingkungan belajar siswa di masyarakat misalnya perpustakaan, tempat les dan lain-lain. Semua lingkungan belajar tersebut di atas harus selalu nyaman sesuai keberadaan siswa artinya terjadi relasi yang baik antara siswa dengan orang-orang di sekitar siswa belajar serta tersedianya fasilitas memadai yang mendukung aktivitas belajar siswa.

D. Media Belajar
Media belajar merupakan alat yang digunakan untuk mencapai kesuksesan misalnya buku siswa, buku penunjang belajar, sumber-sumber referensi lain yang didapatkan siswa baik dalam bentuk DVD, flashdisk, ataupun media belajar internet. Jadi, siswa harus cermat memilih dan menambah media belajarnya agar dukungan siswa dalam belajar semakin besar.

Setelah melengkapi ke empat faktor di atas, apakah siswa akan sukses? Perlu dipahami bahwa ujian merupakan suatu kegiatan yang bukan mengerjakan hal-hal yang sama sekali baru, tetapi mengulang hal-hal lama yang telah dimodifikasi bentuknya. Seperti halnya seorang atlet yang butuh berlatih dan berlatih setiap hari agar mampu mencapai atau menembus target yang diinginkan, siswa pun harus melakukan seperti yang dilakukan atlet dengan cara berlatih dan terus berlatih setiap hari dengan berbagai macam tipe soal khususnya bagi soal-soal yang masih dianggap kelemahan bagi siswa itu sendiri atau pun soal-soal yang dikategorikan sulit.

Di dalam artikel ini penulis akan memberikan dua soal unggulan yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya sehingga jika siswa berlatih serius maka tentu akan membantu siswa untuk menghadapi soal Ujian Nasional yang akan diselenggarakan bulan Mei 2018 mendatang.

Adapun dua soal matematikan unggulan tersebut bisa anda lihat dan unduh berikut ini.
SOAL UNGGULAN 1 by agust1868 on Scribd


Catatan : Untuk mengunduh kedua soal unggulan di atas, silahkan klik tanda panah menghadap ke bawah

Selain kedua file tersebut, anda dapat mengunduh soal UN SD Matematika 2015UN SD Matematika 2016, dan UN SD Matematika  2017.

Semoga postingan Faktor penentu -  soal matematika unggulan UN SD Mei 2018  akan bermanfaat bagi siswa untuk belajar mandiri mengerjakan soal-soal UN di rumah, bagi guru sebagai bahan referensi untuk mengajar mempersiapkan materi UN di sekolah, serta seluruh insan pencinta matematika yang membutuhkan bahan referensi matematika tentang soal-soal berkarakteristik Ujian Nasional (UN).
Jadilah mitra atau partner kami untuk mendapatkan aneka informasi atau artikel terbaru, serta mendapatkan file-file otomatis untuk siap di download, dengan mendaftar melalui SAYA INGIN MENJADI PARTNER, selanjutnya selesaikan 2 tahapan konfimasi email anda, yaitu mengisi email anda dan mengetik kombinasi angka atau huruf pencegah spam di kotak EMAIL SUBSCRIPTION REQUEST.
Terima kasih bagi pembaca yang sudah melihat, membaca, dan men-follow serta men-share artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺
Thank you for reading the article entitled Faktor penentu - soal matematika unggulan UN SD Mei 2018

This Is The Newest Post

0 comments Faktor penentu - soal matematika unggulan UN SD Mei 2018