4 langkah mahir berbahasa Inggris ala rumah Inggris - MOTIVASI INSPIRASI EDUKASI (MIE) INDONESIA

4 langkah mahir berbahasa Inggris ala rumah Inggris

4 tahapan menguasai bahasa Inggriswww.mie-indonesia.com, 4 step mahir berbahasa Inggris ala rumah Inggris selanjutnya.......

Mungkin pembaca akan bertanya kenapa sih ada "ala rumah Inggris?" Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita membicarakan terlebih dahulu kampung Inggris. Siapa sih yang tidak kenal ketenaran kampung Inggris? Istilah ini memang cukup populer khususnya di pulau Jawa bukan karena kampung ini populer dengan banyaknya bule-bule bermukim atau nongkrong di kampung ini, melainkan karena kampung Inggris ini yang aslinya memang kampung Indonesia telah berubah wajah menjadi kampung yang warganya membiasakan diri untuk ngomong Inggris. Tidak mengherankan bila banyak ditemukan tempat-tempa kursus untuk belajar bahasa Inggris. Tidak hanya peserta kursus yang belajar berbicara dengan bahasa Inggris tetapi penduduk lokal dengan aneka profesi ikut nimbrung ramai-ramai tampil keren berkomunikasi bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Jadi haruskah kita ramai-ramai belajar bahasa Inggris ke kampung Inggris? Tentu saja tidak, karena kita bisa melakukannya di rumah sendiri dengan meniru kebiasaan yang ada di kampung Inggris, yang dalam artikel ini saya menyebutnya dengan istilah rumah Inggris artinya menciptakan kebiasaan berbahasa Inggris di mulai dari rumah sendiri.

Berangkat dari pengalaman pribadi penulis yang pernah mengalami kondisi dimana dengan nilai bahasa Inggris yang selalu bagus mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA..........., tapi saat kuliah saya mulai merasa ada yang aneh dengan kemampuan bahasa Inggris karena saya belum bisa berkomunikasi dengan orang lain memakai bahasa Inggris. Akhirnya saya mulai berpikir bahwa sia-sia saja saya belajar bahasa Inggris di masa lampau karena saat mahasiswa saya belum bisa ngomong Inggris dengan orang lain, apalagi bule mungkin mimpi kali yeh Sejak saat kuliah itulah saya membuat statement bahwa seseorang yang pernah belajar bahasa Inggris belum bisa dikatakan sukses kalau belum bisa berkomunikasi bahasa Inggris. Sayapun bertekad dalam hati bahwa saya harus bisa berkomunikasi bahasa Inggris apapun rintangan yang akan saya hadapi. Sayapun memulainya dari rumah sendiri sehingga lahirlah istilah rumah Inggris versi saya. Dengan tekad yang kuat, akhirnya saya berhasil menuangkan pengalaman saya hingga bisa berkomunikasi bahasa Inggris yang saya share disini tahapan-tahapan yang harus dilewati walau tanpa belajar di tempat kursus tapi cukup menerapkan ala rumah Inggris yaitu :

1.Buang Rasa Malu

Salah satu kebiasaan kita orang Indonesia yang tidak baik bila berkomunikasi dengan orang lain adalah bila seseorang salah mengucapkan sesuatu kita sering menerwakan lawan bicara kita sehingga lawan bicara tersebut menjadi kurang percaya diri karena malu saat ditertawakan. Nah, kebiasaan ini akan terbawa dalam memori kita sehingga saat kita ingin berkomunikasi bahasa Inggris kita sudah "dihantui" rasa malu sehingga tidak percaya diri, mudah gugup dan akhirnya..........keadaan terburuk pun terjadi dimana kita menjadi enggan untuk berbicara dengan orang lain memakai bahasa Inggris. Adakah solusinya ? Ya, untuk mengatasi hal ini akhirnya saya membuat statement rendah hati dengan menyatakan dalam hati saya siap dipermalukan atau dibuli, namun saya tetap tidak akan tersinggung karena semuanya akan berlalu manakala saya tetap tegar dan percaya diri. Dan memang benar, akhirnya saya mulai berani berkomunikasi dengan orang lain walaupun masih dalam taraf keterbasan, tapi tak apalah karena proses akan berjalan terus.

2.Jangan mutlak kata Inggris terus

Ini juga yang mungkin salah selama ini bahwa kita selalu menganggap lawan bicara kita harus selalu mutlak memakai kata bahasa Inggris saat berbicara dengan kita. Idealnya sih memang harus seperti itu, namun kita harus ingat bahwa kita ini berkomunikasi dengan siapa? Tentunya saat berkomunikasi dengan sesama kita orang Indonesia kita harus memahami bahwa kita  masih dalam tahap belajar dan telah mengetahui apa yang dikomunikasikan sehingga tak perlu ada dalam pikiran bahwa saya takut berbicara Inggris karena takut lupa atau tidak tahu apa kata Inggrisnya. Apakah kita lupa bahwa tujuan komunikasi itu adalah saling memahami apa yang dimaksud lawan bicara kita saat menyampaikan informasi sehingga apakah salah jika kita menggunakan kata bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris digunakan? Tidakkah kita pernah berpikir agar kita saling mengajari atau memberitahukan bila ada kata bahasa Inggris yang kita tidak ketahui atau lupa untuk saling dikoreksi? Saran saya tak masalah anda mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris dalam tahap pembelajaran berkomunikasi bahasa Inggris apalagi dengan sesama bangsa kita sendiri karena tujuan berkomunikasi awalnya bukan mencari kesempurnaan menggunakan bahasa tetapi bisa menangkap maknanya satu sama lain.
Contoh : I like banana and you like........ Bila maksud anda ingin mengatakan "Saya suka pisang dan kamu suka mangga" tetapi saya lupa terjemahan mangga dalam bahasa Inggris yang seharusnya manggo, anda tetap bisa mengatakan "I like banana and you like mangga". Apakah ada yang lucu dan mesti selalu ditertawakan bila kondisinya seperti iut? Tentunya tidak perlu karena jika anda selalu berpikiran positif dan percaya diri, tentu teman anda bisa menerimanya dan kalau perlu dia akan mengoreksinya dengan mengatakan Oh sorry, you should say, "I like banana and you like mango".

3.Belajarlah dari kalimat-kalimat yang sudah ada

Tak bisa dipungkiri bahwa kata-kata dalam kalimat yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari sebenarnya merupakan pengulangan beberapa kata dari kalimat yang pernah digunakan sebelumnya sehingga bila anda bisa saja menggunakan potongan beberapa kata dari kalimat tersebut untuk kita gabungkan dengan kata baru sehingga lahirlah kalimat baru hasil modifikasi kalimat lama. Contoh : I want to eat fried rice. Dari kalimat tersebut kita belajar menggunakan beberapa kata yaitu I want to ........ yang artinyanya saya ingin........ Bila anda ingin mengatakan saya ingin makan es krim berarti anda hanya perlu menambahkan kata es krim dalam bahasa Inggris yaitu ice cream, sehingga menjadi I want to eat ice cream. Selanjutnya bila anda ingin mengatakan, "Saya ingin minum air" berarti anda cukup menambahkan terjemahan minum air dalam Inggris yaitu drink water sehingga menjadi I want to drink water. Nah bagaimana kita melakukannya?
Selama ini kita sudah sangat terbiasa atau lebih umum membuka kamus terjemahan Inggris - Indonesia dibandingkan dengan kamus saudaranya yaitu kamus terjemahan Indonesia - Inggris. Perlu diketahui bahwa penggunaan kamus terjemahan Inggris - Indonesia cenderung membuat anda belajar bahasa Inggris secara pasif, sedangkan kamus Indonesia - Inggris cenderung membuat anda belajar bahasa Inggris secara aktif artinya anda bisa mengembangkannya sendiri seperti contoh di atas sesuai keinginan kita memakai kata-kata bahasa Inggris sejenis lainnya. Jadi untuk belajar bahasa Inggris secara aktif berdasarkan kalimat-kalimat yang sudah ada, anda perlu menyiapkan dan terlatih memakai kamus terjemahan Indonesia - Inggris untuk mencari kata-kata baru, tetapi anda juga selalu menyediakan juga kamus terjemahan Inggris - Indonesia untuk menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris yang masih asing atau belum pernah kita pakai.

4.Mulai laksanakan praktik percakapan

Nah, setelah ketiga tahapan di atas dilalui maka tahapan terakhir adalah tahapan menuju pengembangan ke tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang lancar dan terbiasa kayak orang-orang bule walaupun belum sempurna tapi yang penting sudah berani untuk bercakap-cakap. Pada tahapan ini anda sudah memasuki tahapan dimana anda harus sering mempraktikkan hal-hal yang lazim diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa media yang bisa dilakukan diantaranya :

A.Belajar dari teks percakapan bahasa Inggris

Karena komunikasi selalu memakai kalimat yang pernah dipakai sebelumnya maka alangkah baiknya juga kita belajar teks bahasa Inggris yang sudah lazim digunakan yang kita bisa dapatkan melalui buku-buku bahasa Inggris dengan cara membelinya atau belajar melalui artikel disini. Mengapa kita perlu belajar dari teks bahasa Inggris? Alasannya karena ada beberapa kalimat percakapan yang tidak bisa kita terjemahkan dengan tepat atau sesuai makna sebenarnya dalam bahasa Inggris sehingga kita memang perlu membutuhkan teks yang sudah diterjemahkan oleh praktisi atau orang yang lebih ahli.

B.Belajar dari audio mp3

Di era jaman now saat ini kita bisa memanfaatkan handphone dan media internet untuk belajar bahasa Inggris memakai suara (audio) dengan cara mendownload file audio bahasa Inggris mp3 yang filenya bisa disimpan di handphone untuk bisa diputar ulang. Karena semua handphone saat ini biasanya sudah menyediakan earphone atau alat bantu dengar maka file audio mp3 tersebut bisa diputar kapan saja tanpa mengganggu orang lain di sekitar kita.
Selain cara di atas, kita bisa lebih kreatif dengan cara membuat file audio mp3 sendiri dengan cara merekam teks percakapan bahasa Inggris kemudian menyimpannya ke handphone kita.

C. Belajar dari video

Siapa sih yang tidak mengenal youtube? Ada banyak sekali video yang bisa dijadikan media untuk pembelajaran bahasa Inggris di rumah anda yang juga bisa didownload secara gratis. Beberapa jenis video yang bisa dipakai diantaranya video film cerita pendek atau panjang, video conversation bahasa Inggris, video film kartun dan lain-lain; yang penting videonya mengandung konten percakapan (conversation) bahasa Inggris.

Setelah keempat tahapan itu anda lakukan dengan ala rumah Inggris, selanjutnya anda harus selalu aktif dalam kelompok atau komunitas yang memungkinkan anda bisa berkomunikasi bahasa Inggris misalnya di sekolah yang memberlakukan program English Day, forum-forum bahasa Inggris online, atau coba lebih berani lagi dengan mencari teman bule atau orang Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri yang bisa diajak chatting via facebook atau messenger memakai bahasa Inggris.

Semoga postingan "4 step mahir berbahasa Inggris ala rumah Inggris" akan senantiasa bermanfaat bagi pembaca yang budiman baik sekedar untuk dibaca maupun sebagai bahan referensi menambah ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan orang lain sehingga akan menjadi motivasi, inspirasi dan edukasi bagi seluruh bangsa Indonesia serta penduduk dari belahan dunia manapun. Bila anda tertarik, anda bisa mempelajari materi selanjutnya disini.

Terima kasih atas segala perhatian dan waktu luang yang anda berikan saat membaca artikel ini. Salam sukses luar biasa!

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 langkah mahir berbahasa Inggris ala rumah Inggris"

Post a Comment